INISIASI 1
Para
mahasiswa yang budiman.
Materi inisiasi 1 kita adalah
menyangkut Konsep Dasar Manajemen. Bahan dasar dari materi inisiasi ini diambil
dari Buku Materi Pokok (BMP) EKMA 4116 Manajemen. Pemberian materi inisiasi ini
bersifat untuk menambah, meringkas, dan juga memberikan penguatan atas materi
dari BMP untuk membantu pembelajaran mahasiswa.
Di akhir materi inisiasi ini
diberikan pertanyaan untuk didiskusikan bersama. Dalam forum diskusi, silakan para mahasiswa
untuk mengajukan pendapat, komentar, atau juga pertanyaan jika ada yang belum
dipahami.
Untuk itu diharapkan peran aktif
mahasiswa dalam diskusi online ini.
Selamat belajar dan selamat mengikuti tuton.
KONSEP DASAR MANAJEMEN
1.
Pengertian
Manajemen
Ada beberapa definisi mengenai
manajemen yang diberikan oleh para ahli.
Robbins dan Coulter (1999) menyebutkan manajemen adalah proses pengkoordinasian dan
pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan
efisien melalui orang lain. 2
kata penting yang saling terkait di sini adalah pengkoordinasian orang lain
dan efektif efisien. Pengkoordinasian orang lain artinya
melibatkan orang lain, sedangkan efektif dan efisien untuk menunjukkan berdaya
guna dan berhasil guna. Pengkoordinasian
orang lain tidak berarti kegiatan tidak dapat dilakukan sendiri, hanya saja
dalam pertimbangan efektifitas dan efisiensi, perlu pelibatan orang lain. Lalu untuk dapat tercapai secara optimal
pelibatan tersebut, perlu dikelola atau ada proses atau upaya pengkoordinasian yang
disebut manajemen.
Ahli-ahli lain
juga memberikan definisi yang kurang lebih sama. Gibson, Donelly, dan Ivancevich (1996)
menyebutkan manajemen
adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk
mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak
dapat dicapai oleh orang itu sendiri.
Follet dalam Stoner dan Wankel (1986), menyebutkan bahwa manajemen adalah seni untuk
melakukan sesuatu melalui orang lain.
Kemudian Siagian dalam Dadang dan Sylvana (2007) mengemukakan bahwa manajemen adalah kemampuan atau
keterampilan untuk memperoleh sesuatu dalam rangka pencapaian tujuan melalui
orang lain.
Manajemen
merupakan suatu ilmu dan juga suatu seni.
Sebagai suatu ilmu, manajemen harus memiliki landasan keilmuan yang kokoh.
Sebagai seni, maka manajemen dipraktekkan berdasarkan keterampilan yang
diterapkan untuk mencapai hasil yang diinginkan
Dari
batasan-batasan tersebut, dapat dikatakan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni yang mempelajari bagaimana
mengelola manusia melalui orang lain.
2. Fungsi-fungsi Manajemen
Robbins dan
Coulter (1999) menyebutkan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan.
·
Perencanaan
Mencakup
pendefinisian tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk
mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.
·
Pengorganisasian
adalah
menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana
tugas-tugas dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkat mana
keputusan harus dibuat.
·
Kepemimpinan
meliputi
kegiatan-kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan, menyeleksi saluran
komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan konflik.
·
Pengendalian
meliputi
pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa
yang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan-penyimpangan yang ada.
3. Peran Manajemen
Peran manajemen
di sini dapat dilihat dari peran seorang manajer dalam organisasi. Organisasi dan manajemen adalah 2 bidang yang
terkait erat. Organisasi untuk berhasil
memerlukan manajemen yang baik, dan manajemen tersebut dikelola oleh seorang
manajer. Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki
tujuan yang sama.
Peran manajer
menurut Mintzberg dalam Robbins dan Coulter (1999) adalah peran antar pribadi,
peran informasi, dan peran memutuskan, dengan penjelasan masing-masing adalah
sebagai berikut :
- Peran antar pribadi :
Peran-peran yang melibatkan kegiatan-kegiatan simbolis
(figure head), pemimpin, dan penghubung.
- Peran informasi :
Peran yang meliputi kecepatan-kecepatan memantau,
menyebarkan, dan juru bicara.
- Peran memutuskan :
Peran yang meliputi kewirausahawan, penanganan
gangguan, pengalokasi sumber
daya.
4. Jenis-Jenis Manajer dan Keterampilan
Manajer
Jenis-jenis
atau tingkatan manajer menurut Robbins dan Coulter (1999) adalah :
·
Manajer lini pertama : Manajer tingkat paling rendah.
Para manajer ini sering
disebut penyelia, manajer kantor, manajer
departemen.
- Manajer menengah : Mencakup semua tingkat manajemen antara tingkat
penyelia dan tingkat puncak. Misalnya kepala bagian,
kepala biro, manajer pabrik, manajer devisi,
general
manajer, dekan.
- Manajer puncak
: Manajer yang bertanggung jawab atas pengambilan
Keputusan
organisasi. Misalnya presiden direktur,
CEO,
COO, presiden komisaris.
Perbedaan
tingkatan manajemen mempengaruhi fungsi manajemen yang dilakukan, di mana ada 2
fungsi manajemen yaitu manajemen administratif dan manajemen operatif.
- Semakin rendah jabatan, maka lebih banyak mengerjakan
fungsi manajemen operatif.
- Semakin tinggi jabatan, lebih banyak menggunakan
fungsi administratif.
Menurut Stoner
dan Hankel (1986), ada 3 tingkat keterampilan manajer, yaitu keterampilan
teknis, keterampilan manusiawi, dan keterampilan konseptual dengan penjelasan
masing-masing sebagai berikut :
1.
Keterampilan teknis :
kemampuan menggunakan alat-alat, prosedur, dan
teknik suatu bidang yang khusus.
2.
Keterampilan manusiawi :
Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain.
3.
Keterampilan konseptual : kemampuan mental untuk mengkoordinasi dan
memadukan semua kepentingan dan kegiatan
organisasi.
Bagi manajer
lini pertama, bobot yang terbesar adalah keterampilan teknis diikuti
keterampilan manusiawi lalu keterampilan konseptual. Semakin ke arah manajer puncak, bobot
terbesar adalah keterampilan konseptual, diikuti keterampilan manusiawi, dan
keterampilan teknis.
5. Kemampuan Manajerial
Kemampuan
manajerial adalah kemampuan manajer dalam mengatur, mengkoordinasikan, dan
menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh
organisasinya. Kemampuan manajerial
lahir dari proses pembelajaran.
Kegagalan mengoptimalkan kemampuan manajer ini disebabkan sebagai berikut :
- Manajer kurang mampu memahami kinerja yang diharapkan
dari posisinya.
- Kurang memahami peran manajerial yang diembannya.
- Tidak menguasai keterampilan manajerial.
- Tidak mampu memotivasi bawahan.
Untuk itu ada
10 langkah pengoptimalan kinerja manajer yaitu : (Dadang dan Sylvana, 2007)
·
Pekerjaan yang menarik.
- Kesejahteraan memadai.
- Keamanan bekerja.
- Penghayatan terhadap pekerjaan.
- Suasana kerja yang baik.
- Promosi dan perkembangan diri mereka sejalan dengan
kompetensi dan kontribusi.
- Pengertian dan simpati atas masalah pribadi.
- Merasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan kelompok
kerja.
- Kesetiaan manajer pada bawahan.
- Selalu disiplin dalam bekerja.
6. Manajemen Global
Manajemen
global adalah manajer yang memiliki karakteristik fleksibel dalam arti dapat
mengikuti perkembangan dan juga efisien dalam pemanfaatan sumber daya. Global artinya berpandangan luas yaitu skala
internasional. Untuk arus globalisasi
yang deras saat ini, dituntut peran manajer yang berwawasan global agar tidak
tertinggal dalam perkembangan kegiatan.
PERKEMBANGAN DAN SEJARAH KONSEP MANAJEMEN
Konsep dasar manajemen sendiri
mengalami perkembangan sepanjang sejarah yang tidak terlepas dari para ahli
manajemen. Secara umum perkembangan
teori manajemen dapat dibagi 4 yaitu :
·
Manajemen ilmiah (1870 – 1930)
·
Manajemen klasik (1900 – 1940)
·
Manajemen hubungan manusiawi (1930 – 1940)
·
Manajemen modern (1940 – sekarang).
1. Teori Manajemen Ilmiah
Pelopornya
adalah Fredrik Taylor, Frank dan Lilian Gilbreth, Henry Grant, Harrington
Emerson. Teori manajemen ilmiah lahir
dari adanya kebutuhan untuk menaikkan produktifitas. Di Amerika Serikat, di awal abad ke 20 tenaga
terampil tidak banyak. Sehingga perlu
dicari cara menaikkan efisiensi.
Misalnya apakah suatu pekerjaan dapat digabungkan atau dihilangkan, dan
lain-lain upaya efisiensi. Dalam
upaya-upaya itu, Fredrik Taylor, yang sering disebut Bapak manajemen ilmiah,
menyusun sekumpulan prinsip yang merupakan inti manajemen ilmiah. Prinsip-prinsip itu diringkas sebagai berikut
:
- Mengganti cara tidak teratur dengan ilmu pengetahuan
yang sistemastis.
- Mengusahakan keharmonisan dalam gerakan kelompok.
- Mencapai kerjasama manusia, bukan individualisme.
- Menghasilkaan output yang maksimal, bukan output yang
terbatas.
- Mengembangkan pekerja sampai taraf setinggi-tingginya
untuk kesejahteraan maksimum mereka sendiri.
Pendukung
pendekatan ilmiah lain adalah Frank dan Lilian Gilbreth yang merupakan pelopor
studi waktu, sebagai ilmu yang menganalisis tugas sampai pada gerak fisik
dasar. Diharapkan agar gerak tidak
dihambur-hamburkan dan dihemat serta lancar
sehingga produktifitas kerja meningkat.
Dalam konsep Gilbreth, gerakan dan kelelahan saling berkaitan. Dengan kamera film ia berusaha mencari
gerakan paling menghemat untuk setiap pekerjaan, dengan demikian menaikkan
prestasi dan mengurangi kelelahan.
Kelebihan
Manajemen Ilmiah :
Dapat
diterapkan pada berbagai macam kegiatan organisasi, disamping organisasi
industri. Teknik efisiensi dari
manajemen ilmiah seperti studi waktu dan gerak, menyadarkan bahwa pekerjaan
dapat dibuat efifisan dan masuk akal.
Kelemahan
Manajemen Ilmiah :
Manajemen
ilmiah lebih berfokus pada manusia itu rasional untuk memperoleh material,
tetapi kurang memperhatikan segi-segi sosial para pekerja.
2. Teori Manajemen Klasik
Pelopornya
adalah Henry Fayol, James D. Mooney, Mary Parker Follet, Herberd Simon, Chester
I. Banard. Manajemen klasik timbul dari kebutuhan akan pedoman untuk mengelola
organisasi yang kompleks, misalnya sebuah pabrik. Manajemen itu tidak dilahirkan, tetapi dapat
diajarkan, asalkan prinsip-prinsip mendasari dan teori umum manajemen dapat
diterapkan. Menurut Fayol (Robbins dan
Coulter, 1999), manajemen adalah sebuah kegiatan umum dari semua usaha manusia
dalam bisnis, pemerintahan, dan rumah tangga.
Ia mengungkapkan ada 14 prinsip manajemen yang merupakan kebenaran
universal yang merupakan prinsip umum manajemen, yaitu :
- Pembagian kerja
- Otoritas
- Tata tertib
- Kesatuan komando
- Kesatuan arah
- Subordinasi kepentingan-kepentingan individu terhadap
kepentingan umum
- Balas jasa
- Sentralisasi
- Rantai skalar / hirarki
- Tatanan
- Kesamaan
- Kemantapan para karyawan dalam pekerjaannya
- Inisiatif
- Semangat korps.
Fayol juga
membagi perusahaan dalam 5 bidang kegiatannya, yaitu teknis (produksi),
komersial (pemasaran), keamanan, akuntansi, dan manajerial.
Para ahli teori manajemen klasik dibatasi oleh pengetahuan
pada zamannya, namun banyak dari teori klasik itu tetap bertahan sampai
sekarang. Manajemen klasik masih
diterima sampai sekarang, karena membuat pemisahan kerja.
Kelebihan
Manajemen Klasik :
Manajemen
klasik mebuat pemisahan bidang-bidang utama praktek para manajer, sehingga
sampai sekarang masih dapat diterima oleh para manajer praktisi (praktek).
Kekurangan
Manajemen Klasik :
Dalam
organisasi modern yang kompleks seperti sekarang, manajemen klasik dianggap
terlalu umum. Di manajemen modern,
terkadang garis wewenang agak kabur.
Saat ini terkadang teknisi bisa mendapat perintah dari manajer pabrik
(atasan dari atasan teknisi (mandor)).
Ini membuat pertentangan antara prinsip pembagian kerja dan kesatuan
perintah.
3.
Manajemen Hubungan
Manusiawi
Pelopornya
adalah Hawthorn studies, Elton Mayo, Fritz Roethlisberger, dan Hugo
Munsterberg. Teori hubungan manusia
adalah teori yang menggambarkan cara-cara bagaimana manajer berhubungan dengan
bawahannya. Aliran ini muncul karena
manajer mendapati bahwa pendekatan klasik tidak dapat dicapai dengan keserasian
sempurna. Masih terdapat kesulitan di
mana bawahan tidak selalu mengikuti pola tingkah laku yang rasional dan dapat
diduga. Perlu ada upaya untuk
meningkatkan hubungan antar manusia agar organisasi lebih efektif. Aliran ini untuk memperkuat aliran klasik,
yaitu dengan menambahkan wawasan sosial dan psikologi.
Kalau
‘manajemen manusia’ mendorong kerja yang lebih baik dan lebih keras, itu
berarti hubungan antar manusia dalam organisasi itu baik. Hawthorn studies mengatakan yang penting
diperhatikan untuk meningkatkan produktifitas adalah faktor perilaku manusia
dan sosial. Pekerja akan bekerja lebih
keras kalau mereka yakin bahwa supervisor memberi perhatian kepada mereka.
Sejalan dengan
Hawthorn studies, menurut Hugo Munstenberg, produktifitas dapat ditingkatkan
dengan 3 jalan :
- Menemukan
orang yang terbaik.
- Menciptakan
kondisi psikologis dan pekerjaan yang terbaik.
- Menggunakan
pengaruh psikologis untuk mendorong karyawan.
Kelebihan Manajemen
Hubungan Manusiawi :
Perhatian pada
keterampilan manajemen manusia semakin ditingkatkan disamping keterampilan
teknis manusia, karena penekanan pada hubungan sosial.
Kelemahan
Manajemen Hubungan Manusiawi :
Peningkatan
kondisi kerja dan peningkatan kepuasan kerja tidaklah menghasilkan kenaikan
produktifitas sedramatis yang diperkirakan.
Peningkatan produktifitas dipengarahui oleh banyak faktor antara lain
teknologi, efisien, semangat kerja, dan lain-lain.
4. Manajemen Modern
Pelopornya
adalah Abraham Maslow, Chris Argyris, Douglas Mc Gregor, Edar Schien, David Mc
Cleland, Robert Blake and Jane Mouton, Ernest Dale, Peter Drucker dan ahli-ahli
manajemen operasi/manajemen sains.
Manajemen modern adalah perluasan manajemen ilmiah. Manajemen modern mulai berkembang sejak tahun
1940 an dan banyak menggunakan manajemen sains atau manajemen operasi atau
riset operasi sebagai pendekatan ilmu manajemen, yang banyak menggunakan ilmu
matematika, fisika, untuk memecahkan masalah oprasional. Pada awalnya ilmu manajemen operasi digunakan
dalam ilmu kemiliteran dalam hal-hal operasional militer. Tujuan dari manajemen sains/manajemen ilmu
adalah untuk memberikan landasan kuantitatif dalam pengambilan keputusan
(Gibson, Donelly, Ivancevich, 1996).
Dalam manajemen
modern, konsep manajemen dibagi menjadi :
- Manajemen berdasarkan hasil.
- Manajemen berdasarkan tanggungjawab sosial.
- Manajemen berdasarkan sasaran.
- Manajemen berdasarkan pengecualian.
- Manajemen terapan.
Kelebihan
Manajemen Modern :
Banyak
digunakan dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari meliputi penganggaran modal,
perencanaan produk, manajemen persediaan, penjadwalan, metode antrian,
transportasi.
Kelemahan
Manajemen Modern :
Konsep
manajemen modern sulit dipahami karena perhitungannya yang sulit
DISKUSI 1
Menurut Teman-teman,
bagaimana/apa pengaruh ilmu manajemen dengan aplikasi/praktek dalam kehidupan
sehari-hari?
Silahkan ungkapkan jawaban saudara, ingat.. dengan aktif berdiskusi akan
menambah point penilaian jadi diharapkan partisipasinya, dan jangan copas
jawaban teman lainnya ya.
Selamat berdiskusi
Visible groups: All
participants
You do not have
permission to add a new discussion topic for all participants.
RE:
DISKUSI 1 (MANAJEMEN)
by me 021617803 -
Sabtu, 7 Maret 2015, 04:40
Ilmu manajemen sangat
berpengaruh dengan aplikasi/praktek kehidupan sehari - hari, karena pengertian
ilmu manejemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan
dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumber daya
yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
sebelumnya. Arti manajemen lainnya adalah suatu seni karena dalam prosesnya
memerlukan keahlian khusus,, dan manajemen merupakan suatu usaha untuk mencapai
suatu tujuan dengan bekerja sama dengan orang lain. Dengan demikian jika kita
ingin mencapai tujuan atau mempunyai cita - cita maka seharusnyalah kita mulai
memanajemen diri kita, dengan merencanakan dan mewujudkannya.
Silahkan ungkapkan jawaban saudara, ingat.. dengan aktif berdiskusi akan menambah point penilaian jadi diharapkan partisipasinya, dan jangan copas jawaban teman lainnya ya.
Selamat berdiskusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar